Kamis, 31 Januari 2013

THINK OUT OF THE BOX



-          Rrecord Your Ideas
Siapa yang tidak tahu JK Rowling – penulis buku Harry Potter yang sangat fenomeal? Ternyata kesuksesannya bermula dari ide – ide yang dia tuliskan di dalam lembaran tisu gulung toilet. Yup, mencatat ide yang muncul yang secara tiba-tiba terbilang penting agar kamu nggak lantas lupa. That’s why, muai sekarang kamu penting membawa notebook dan pulpen kemana-mana. So, when an idea come to you see something that you think could be useful later, kamu bisa langsung menuliskannya. Termasuk ide-ide gilamu ketika mencari solusi atas sebuah masalah.
-          Ask a Child for advice
Sepintas terdengar aneh, tapi believe it or not, ide atau nasihat dari anak kecil yang terkadang brilliant. Umumnya, pemikiran anak-anak masih pada polos dan spontan, mereka juga puna daya imajinasi tinggi, nggak heran terkadang ide mereka terdengar “nggak mungkin” di dalam otak kita yang sudah terpengaruh dalem pola pikir in the circle. So, untuk mengasah pola pikir out of the circle, nggak ada salahnya kamu meluangkan bermain dan sharing dengan anak-anak. Tapi ingat, gunakan bahasa anak-anak yang lebih familiar di telinga mereka.


-          Quetion Repeatedly
Jangan anggap orang yang banyak bertanya adalah orang yang salah. Asalkan hal yang ditanya bukan masalah pribadi orang lain dan cara penyampaiannya nggak annoying, maka banyak bertanya adalah hal positif. Curiousity dalam dirimu bisa membawa pengetahuanmu naik beberapa tinggat! Be sure to ask plenty of quetions, especially “what it?”. Jangan puas dengan satu jawaban saja, teruslah bertanya seperti anak dua tahun yang tidak tahu apa-apa.
-          Brain Relaxtion
Jangan memaksa otakmu untuk berfikir kreatif. Hal ini sama seperti kamu menyuruh seseorang “Jangan memikirkan tentang makanan!”. Dan dia secara nggak langsung malah membayangkan makanan. Best ideas, biasanya muncul saat otakmu sedang relaks, misalnya kamu sedang berjalan or event just in the shower. Otak kita memerlukan ketenangan untuk bisa berpikir jernih, find time to just sit alone and think at least once a week, even if it is only teen minutes. Ini berarti, no musik, no family, no internet, JUST YOU AND YOUR BRAIN!!
-          Get Inspired By Other!
Apabila kamu melihat sebuah penemuan atau barang unik, jangan cuma bisa mengaguminya. Sebaiknya jadikan hal itu sebagai inspirasi buat dirimu agar bisa menciptakan kreasi yang sama kerennya. Just look at some difirent things at that other have produced or done and see if it sparks your  kreative juices. Sebagai panduan, kamu bisa membaca bebagai buku biografi orang terkenal, sari intisari dari kisah hidup mereka dan contohlah beberapa metode suksesnya.



-          Good Bye. Confort Zone!
Kamu merasa sudah puas denga apa yang kamu dapat? Hey, masih banyak hal diluar sana yang mungkn saja belum pernah kamu coba dan tidak kamu ketahui.  Jangan mengurung diri dan pikiran dalam confort zone kamu, beranikan diri keluar dari confort zone dan tahlukaan tangtangan. Kalau disekolah kamu hanya aktif di kelas drama saja, kenapa kamu nggak coba aktif dkelas karate. Dengan mengetahui banyak hal, makan cara berpikir kamu juga akan semakin comperehenship, diotakmu terdapat berbagai rumus, definisi, dan etimologi dari berbagai disiplin ilimu, sehingga cara berfikir liar akan terciptan denga sendirinya. Yes, you must always be willing to try and be willing to make mistake!
-          Write a poem or draw a picture
Otak besar yang berada disentral otak manusia biasnya bertanggung jawab atas semua kegiatan intelektual, namun otak besar terbagi menjadi 2, kanan dan kiri. Otak kiri berhubungan dengan logika, rasio dan pusat matematika (IQ), sedangkan otak kanan berfungsi dalam perkembangan emotional quotient (EQ), seperti sosialisai, intuisi dan kreatifitas seni. Kalo biasanya memecahkan masalah kamu menggunakan otak sebelah kiri, kini saatnya kamu mengasah ketajaman otak kananmu agar semakin kreatif. Caranya, cobalah menuliskan segala perasaan dan masalah hatimu kedalam sebuah puisi. Kalau kamu nggak terlalu suka puisi, kamu bisa melukis atau menggambarkan apa yang ada dalam otakmu.



Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!
Kembali Ke Atas
Powered By Blogger | Design by Trya Pamungkas