Kamis, 31 Januari 2013

More Than Winnter Blues



What It Means When The Weather Makes You Depressed.

Dibelahan dunia lain, musin panas biasanya membawa keceriaan bagi banyak orang dengan udara hangatnya, hari –hari yang terasa panjangm dan sejuta kesenangan lainnya. Tapi tidak sama halnya dengan musim dingin atau musim hujan. Yups, musim dingin dapat mengubah senyuman menjadi keluahan. Walau bagi kamu situasi itu bisa diatasi dengan memakai piyama favoritmu, minum segelas coklat panas, dan maraton DVD- tapi untuk beberapa orang, situasi kamu kira. Ini semua karena mereka menderita SAD (Seasonal Affective Disorder).
It may sound hard to believe, but it’s true – kamu bisa jadi depresi hanya karena musim. Seorang psikolog, Dr Pane Schmidt, menjelaskan bahwa seseorang bisa disebut mengdiap SAD ketika ia mengalami depresi secara berualng-ulang diwaktu tertentu selama setahun – biasanya terjadi dimusim gugur dan musim dingin. Kemudian ia akan melakukan recovery selama musim semi dan musim panas.
Penyebab khusus dari SAD sebenarnya tidak diketahui. Tapi Dr.Pane mengatakan biasanya terjadi karena beberapa kombinasi faktor, seperti:
·         Lack Of Sunlight : Matahari biasanya akan tetap muncul beberapa jam dimusim dingin. Meski begitu dimusim tersebut, matahari hanya sekedar “mengintip” dari balik awan. Para ahli percaya kurang paparan sinar matahari bisa menggangu hormon melatonin dan serotonin yang bsa mempengaruhi mood, enegri, dan pola tidur kita.
·         Location : Karena berhubungan dengan sinar matahari, SAD lebih banyak diderita oleh mereka yang tinggal didaerah negara bagian utara, dibandingkan negara yang berada di bawah garis khatulistiwa. However, it can still occur anywhere.
·         Genetic : Beberapa penderita SAD lebih dipengaruhi oleh faktor musim dibandingkan faktor lainnya, Which is ini dipercaya sebagai bagian dari genetic mereka.
Symptoms of SAD
Hampir setiap orang mengalami perubahan dalam energy level, mood, dan pola tidur musim dingin mulai datang. And wel all feed sad or down at times. Lalu, bagaimana caranya kita tahu kalau apa yang kita alami itu hanya kepanikan biasa atau memang sesuatu yang serius? Dr. Pene menyarankan, kalo merasakannya selam dua minggu lebih atau bahkan sangat intens dan itu mulai keseharianmu, sebaiknya cepat diperiksakan ke dokter. Ciri-ciri spesifik yang kamu bisa waspadai adalah :
·         Cemas
·         Merasa kurang energi dan kelelahan
·         Merasa putus asa dan nggak berguna
·         Sedih dan sering menangis
·         Perubahan berat badan
·         Tidur terlalu lama dan sering
·         Menarik diri dari sodialisasi
·         Berkurangnya semangta dalam melakukan aktivitas yang bisanya kamu nikmati.
·         Susah berkonsentrasi
·         Perubahan pola makan, khususnya selalu menginginkan karbohidrat.
·         Merasa depresi selama musim berlangsung – biasanya dimulai di musim gugur dan akan bertambah saat masuk musim dingin.
Kalu kamu khawatir ada temen atau anggota keluargamu yang mungkin menderita SAD, bicarakan ini dengan mereka dan dukung mereka untuk mencari bantuan.
It Gets Better
Meskipun SAD akan hilang seiring dengan datangnya musim semi dan musim panas, tetap saja kamu harus mencari pengobatanya. Depresi bisa menyebabkan mimpi buruk dan nggak ada yang mau mengalaminya – even for short period if time. Seandainya amu di diagnosa SAD, dokter pasti berusaha sebaik mungkin untuk menyembuhkanmu, walau itu harus menggunakan beberapa cara, sperti mnum obat, terapi curhat, dan terapi peningkatan terkena paparan sinar matahari. Untuk terapi yang dsebutkan terakhr biasanya hanya digunakan untuk bebrapa kasus SAD.

Other Kind Of SAD
 Kebanyakan penderita SAD mengalaminya selama musim gugur, dan musim semi. Tapi gak menutup kemungkinan kalo ini terjadi dimusim panas. SAD yang menyerang dimusim panas biasanya dipicu udara panas dan kelembaban.Dan treatmentnya adalah dengan cara mengurangi terkena paparan sinar matahari. Selain itu ada juga jenis SAD lainnya yang disebut dengan “reverse SAD”. Instead of law mood dan selalu merasa nggak bersemangat, SAD jenis ini ditandai dengan kelebihan energi dan aktivitas sosial yang sangat instens.






Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!
Kembali Ke Atas
Powered By Blogger | Design by Trya Pamungkas